Bagaimana Artikel Bisa Masuk Halaman 1 Google?

Apakah Kamu memiliki website? Dalam website terdapat beberapa hal yang harus Kamu perhatikan salah satunya ialah pembuatan artikel. Dengan konten yang berkualitas, maka akan membantu peringkat website menjadi lebih baik.

Namun, bagaimana caranya agar artikel bisa mendapatkan banyak pembaca ? Salah satu caranya ialah artikel tersebut masuk pada halaman pertama mesin pencarian Google.

Jika mencari informasi melalui Google, tentu Kamu akan berfokus pada halaman awal bukan?

Misalkan Kamu mencari informasi dan memasukkan kata kunci “Tempat Makan Murah di Jakarta” maka website pada halaman atas akan menjadi prioritas.

Saat artikel bisa masuk pada halaman awal Google, maka akan banyak orang orang yang mengunjungi website Kamu. Akhirnya Kamu bisa melakukan promosi dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Tentu setiap pemilik website ingin agar artikel mereka bisa masuk pada halaman pertama Google. Pertanyaannya, bagaimana caranya? Apa yang harus dKamu lakukan agar artikel bisa menembus halaman awal Google?

Membuat konten
Membuat konten

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya dalam artikel ini

  1. Riset Keyword Dengan Tepat

Hal pertama yang harus Kamu lakukan dalam membuat website ialah menentukan keyword yang tepat. Dalam menentukan keyword, Kamu tidak boleh menentukannya secara sembarangan karena hasilnya tidak akan maksimal.

Terdapat beberapa indikator yang bisa Anda terapkan dalam menentukan sebuah kata kunci. Indikator tersebut ialah volume search, cost per click (CPC)dan tingkat kesulitan.

Penggunaan kata kunci yang paling sering dicari pengguna berpotensi untuk meningkatkan lalu lintas website. Kata kunci yang memiliki CPC atau bayaran per klik mahal maka akan meningkatkan penghasilan.

Setiap halaman di situs Kamu harus menargetkan kumpulan kata kunci yang berbeda sehingga halaman tidak saling bersaing.

Terdapat beberapa alat yang mampu membantu meriset kata kunci. Alat yang bisa Kamu gunakan adalah Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush dan masih banyak lainnya.

  • Beri Tahu Google Kata Kunci Apa Yang Digunakan

Google bekerja dengan menelusuri situs dan memberi peringkat pada jutaan halaman yang ada. Ketika pengguna melakukan penelusuran, Google dapat memindai melalui indeksnya untuk mendapatkan hasil yang relevan dan cepat.

Oleh karena itu, jika Kamu ingin website berada pada halaman awal buatlah Google untuk memindai, mengindeks lalu memunculkan artikel Kamu.

Caranya bagaimana?

Letakkan kata kunci pada berbagai tempat seperti judul, meta deskripsi dan URL.

Dengan menempatkan kata kunci pada ketiga bagian tersebut, maka Google akan mengidentifikasi konten artikel dengan lebih cepat.

  • Buat Artikel Yang Bisa Dipahami Manusia

Pemilihan dan penempatan kata kunci memang penting untuk mengoptimalkan SEO. Namun, Kamu tidak boleh lupa bahwa target pembaca artikel ialah manusia. Oleh sebab itu, buatlah artikel yang alami dan tidak berlebihan.

Misalkan, jika Kamu hanya menargetkan kata kunci dan tidak memperhatikan posisi  kata kunci tersebut maka pembaca akan sulit memahaminya.

Karena dengan mengejar target, artikel menjadi tidak alami dan pembaca kesulitan untuk memahaminya. Sebabnya, penting untuk meletakan kata kunci salami mungkin dan tidak berlebihan.

Faktanya, saat ini Google mampu mendeteksi penempatan kata kunci yang berlebihan. Apabila Google menemukannya, maka halaman website Anda akan semakin jauh dari halaman awal.

Kunci untuk berada pada halaman awal Google ialah menyediakan konten yang bermanfaat, memiliki kredibilitas, mudah dipahami dan informatif.

Jika konten Kamu memenuhi berbagai kriteria tersebut, maka pembaca akan membaca artikel sampai selesai. Hal ini juga menjadi penilaian dari Google untuk memberikan peringkat.

Google kini sudah menggunakan teknologi artificial intelligence yang membuat bot mampu mengenali artikelmu.

  • Perhatikan Struktur Artikel

Selain isi artikel, Kamu juga perlu memperhatikan struktur artikel. Hal ini membuat tulisan lebih rapi sehingga pembaca nyaman untuk membacanya.

Memang tidak ada ketentuan khusus dalam menentukan struktur artikel, semuanya tergantung pada artikel yang akan Kamu tulis.

Namun, secara garis besar struktur artikel ialah

  • Pembukaan
  • Pengertian dari istilah tertentu
  • Pembasan
  • Penutup

Pada setiap bagian perlu menggunakan heading yang tepat, penggunaan heading tersebut ialah sebagai berikut

  • Heading 1 (H1) untuk judul blog
  • Heading 2 (H2) untuk judul artikel
  • Heading 3 (H3) sub judul
  • Heading 4 (H4) untuk sub judul yang spesifik

Semakin spesifik pembahasannya, maka menggunakan heading yang lebih besar (H2 lebih besar dari H1).

Namun penggunaan struktur ini tidak baku, Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Menyertakan Lokasi Pada Kata Kunci

Cara lain yang cukup mudah untuk mendapatkan peringkat yang baik ialah dengan menyertakan lokasi pada kata kunci. Pastikan juga situs web menunjukkan kota / wilayah dengan jelas.

Pastikan artikel yang Kamu buat menunjukkan kota dengan jelas. Sehingga jika pengguna menelusuri sesuatu yang spesifik seperti “toko sepatu di Bandung” maka Google akan memunculkan artikelmu.

Bahkan jika pengguna tidak mencari menggunakan lokasi tertentu, maka Google akan menyajikan hasil yang relevan secara geografis berdasarkan alamat IP.

  • Sesuaikan Dengan Tampilan Mobile

Kamu tidak akan mendapatkan website berada pada halaman awal Google jika website tersebut tidak responsif. Maksudnya ialah website tersebut tidak bisa diakses oleh berbagai perangkat termasuk perangkat mobile.

Sedangkan saat ini, penggunaan perangkat mobile meningkat setiap saatnya. Banyak pengguna internet yang menggunakan handphone untuk mencari informasi.

Google mewajibkan situs web bisa diakses melalui perangkat dan memiliki responsif yang bagus.

Sehingga artikel bisa menyesuaikan ukuran dengan layar handphone dan tetap berfungsi sempurna.

  • Fokus Pada Pengalaman Pembaca

Selain kualitas artikel, kualitas website juga menentukan apakah artikel bisa masuk pada halaman awal Google.

Kamu harus membuat tampilan website yang ramah terhadap perangkat mobil, selain itu buatlah pengalaman pembaca menjadi menyenangkan.

Situs website dengan navigasi yang mudah, ajakan bertindak yang jelas dan mampu menjawab pertanyaan pengguna dengan cepat adalah hal yang baik.

Hal ini akan membuat pengunjung membaca artikel sampai selesai dan akan kembali lagi pada situs. Hasilnya, Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi.

Dengan peringkat yang lebih tinggi, maka lalu lintas website akan semakin meningkat pula. Artikel Kamu akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk berada pada halaman pertama Google.

  • Optimasi Faktor SEO On Page

Ketika menulis artikel, Kamu harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi SEO On Page.

Dengan menggunakan platform, Kamu bisa mengetahui hal hal apa yang harus ditingkatkan. Misalkan ialah penyebaran kata kunci, apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum.

Kamu juga perlu memperhatikan penggunaan kalimat aktif yang lebih sering. Memasukkan internal link, panjang kalimat, meta deskripsi dan sebagainya adalah hal penting.

Jika semuanya sudah terpenuhi, maka akan ada bulatan hijau yang menunjukan kualitas SEO sudah baik.

Membuat artikel harus dilakukan dengan baik agar dapat berada pada halaman pertama. Inilah yang https://saungwriter.com/ lakukan selaku penyedia jasa pembuat konten profesional yang membantu klien untuk memiliki artikel pada halaman awal. Jika Kamu memiliki artikel pada halaman awal Google, maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi website. Hasilnya, bisnis akan perlahan lahan meraih keuntungan.

Leave a Comment