Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Bolt

Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Kucing Bolt

Makanan kucing merek Bolt adalah salah satu makanan kucing paling popular di pasaran. Hal ini karena harga makanan kucing ini relatif murah. Di mana, harga makanan kucing Bolt 20kg adalah Rp365.000. Dan kemasan repack 1kg dijual dengan harga Rp20.000. Wow, murah banget! Tapi, apakah makanan kucing Bolt bagus? Untuk mengetahui bagus dan tidaknya, kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan makanan kucing Bolt terlebih dahulu. Berikut 5 kelebihan dan kekurangan makanan kucing Bolt yang kami kutip dari situs goldenmaze.net.

5 Kelebihan Makanan Kucing Bolt

Makanan kucing Bolt merupakan merek makanan kucing yang diproduksi oleh PT. Central Proteina Prima, Tbk, Jakarta, Indonesia. Biarpun harganya murah, merek makanan kucing Bolt sudah memenuhi standar makanan hewan peliharaan yang ditetapkan oleh AAFCO. AAFCO atau American Feed Control Officials. Jadi, kualitasnya sudah cukup bagus. Biar kamu lebih paham, berikut 5 kelebihan dari makan kucing Bolt:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Bulu Kucing

Kelebihan pertama dari makanan kucing Bolt adalah meningkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing. Klaim ini bukan bualan marketing semata. Kandungan nutrisi di dalam makanan kucing Bolt sangat baik untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Hal ini karena makanan kucing Bolt terbuat dari sumber berkualitas. Berikut bahan baku dari makanan kucing Bolt:

  • Jagung.
  • Tepung gandum.
  • Tepung daging unggas.
  • Tepung tuna.
  • Protein kedelai isolate.
  • Lemak unggas.
  • Hari ayam.
  • Fortifikasi vitamin & mineral.

Berbicara tentang kandungan vitamin di dalam makanan kucing Bolt, ada 4 senyawa yang sangat bagus untuk kesehatan bulu kucing. Ketiga senyawa ini adalah Omega 6, Asam linoleat, Zinc dan Niacin. Senyawa Niacin dan Zinc membantu merawat kesehatan mantel kulit kucing. Dengan demikian, kucing kamu akan terhindar dari gatal-gatal dan jamur.

Selain itu, ada juga fortifikasi asam pantothenic dan bionic yang memperkuat akar bulu kucing. Sehingga, bulu kucing tumbuh dengan bagus dan tidak mudah rontok. Keren ya? Itulah kelebihan pertama dari makanan kucing Bolt. Yuk, lanjut ke pembahasan kelebihan berikutnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata Kucing

Berkat formulasi pakai kucing yang bagus, makanan kucing Bolt kaya akan vitamin. Di antaranya, vitamin A dan taurine. Kedua zat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kucing. Artinya, kucing akan memiliki bola mata yang indah berkilau. Dan penglihatan kucing dapat terjaga sampai kucing berusia senja.

3. Memiliki Tekstur yang Renyah dan Aroma yang Kuat

Jika diperhatikan secara saksama, makanan kucing Bolt memiliki ukuran kibble yang lebih tebal dibandingkan dry food lainnya. Biarpun begitu, makanan kucing Bolt tidak keras bahkan cenderung renyah.

Kok bisa?

Produsen Bolt merancang makanan kucing buatannya agak besar dan renyah untuk menjaga kesehatan gigi kucing. Di mana, tekstur renyah dan crunchy dari makanan kucing merek Bolt akan membuat kucing terhindar dari plak dan karang gigi. Dengan begitu, kucing akan terhindar dari permasalahan kesehatan mulut.

4. Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh Kucing

Pada musim pancaroba dan musim hujan, kucing sering mengalami masalah kesehatan. Misalnya: meriang, tidak nafsu makan, terserang penyakit menular hingga infeksi virus. Karena memang musimnya sedang berubah, kamu tidak bisa menyalahkan keadaan. Solusinya adalah meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kucing. Jadi, kucing dapat melawan penyakit yang menyerang.

Kabar baiknya, Bolt sudah mengandung banyak senyawa vitamin yang mampu meningkatkan daya imunitas pada tubuh kucing. Kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E dari Bolt mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh kucing. Sehingga, kucing tetap sehat selama musim pancaroba maupun musim hujan.

5. Harga Bolt Relatif Sangat Murah

Kelebihan makanan kucing Bolt yang terakhir adalah harga relatif sangat murah. Bayangkan ya, harga 20kg makanan kucing, yaitu Rp365.000. Jika kamu ingin beli eceran, kamu bisa beli kemasan repack 1kg. Harga kemasan repack 1kg adalah Rp20.000. Murah banget!

Produsen Bolt tetap mempertahankan harga jual murah agar konsumen merasa tidak terbebani membeli makanan kucing. Inilah salah satu merek makanan kucing hemat budget favorit anak kos. Hehe.

5 Kekurangan Makanan Kucing Bolt

Biarpun punya segudang kelebihan, makanan kucing Bolt juga punya kekurangan. Kami akan mengulasnya secara detail sebagai pertimbangan buat kamu. Berikut 5 kekurangan makanan kucing Bolt:

1. Tidak Memiliki Banyak Varian

Kekurangan pertama dari makanan kucing merek Bolt adalah minim varian. Kami sudah mencari tahu ke distributor Bolt, tentang varian Bolt. Dan jawabannya adalah nihil. Produsen Bolt hanya menjual dry food dengan dua bentuk kibble yaitu kibble berbentuk ikan dan kibble berbentuk donat. Dan varian rasa yang dijual hanya satu rasa yaitu tuna. Artinya, tidak ada produk lain selain itu.

Menurut kami, ini sangat kurang baik. Karena pemilik kucing biasanya ingin memberikan makanan basah dan snack kucing sebagai variasi makanan kucing. Dan apabila kucing sudah menyukai suatu merek makanan kucing, kucing akan pilih-pilih. Saran kami, sebaiknya produsen Bolt mulai menambah varian makanan kucingnya.

2. Tidak Cocok untuk Kucing yang Punya Riwayat FLUTD

Penyakit FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease) adalah penyakit saluran kencing bagian bawah pada kucing yang disebabkan oleh pembentukan kristal sturvite. Kristal sturvite adalah cikal bakal dari penyakit batu ginjal dan batu kandung kemih.

Emangnya, kucing bisa sakit batu kandung kemih? B

Bisa.

Beberapa kucing yang kami rawat pernah mendapatkan pemasangan cateter untuk penyembuhan batu kandung kemih. Nah, kucing yang punya riwayat penyakit FLUTD, harus berhati-hati dalam memilih makanan. Itu saran dari dokter hewan yang pernah merawat kucing-kucing kami.

Makanan yang mengandung garam dan magnesium tinggi bisa menciptakan kristal sturvite lagi.

Lalu, apa hubungannya dengan makanan kucing Bolt?

Makanan kucing Bolt memiliki komposisi filler dari bahan nabati dan belum grain free. Artinya, ada produk dari biji-bijian yang ada di dalam komposisi Bolt yang nggak bagus untuk kucing yang punya riwayat penyakit FLUTD. Terlebih untuk kucing yang sulit minum. Ini nggak banget!

Punya riwayat FLUTD, jarang minum. Bisa kumat-kumatan ini kucing. Hehe.

Sebenarnya, kucing itu kan hewan karnivora. Harusnya bahan baku makanannya adalah daging hewan. Secara kucing kan hewan karnivora sejati. Tapi, ya namanya bisnis, kalau semua dari bahan daging hewan, pasti harganya mahal dan konsumen mengeluh.

Jadi, saran kami, ya kalau kucing kamu pernah punya masalah FLUTD, jangan pakai BOLT. Karena di dalam makanan Bolt belum ada formula urinary. Itu kelemahannya.

3. Tidak Cocok untuk Anak Kucing dan Kucing Tua

Kekurangan makanan kucing Bolt berikutnya adalah tidak cocok untuk anak kucing dan kucing tua. Bagi yang pernah beli makanan kucing Bolt, kamu pasti setuju kalau dry food Bolt lebih keras daripada Whiskas. Untuk kucing dewasa ini nggak masalah. Bahkan menguntungkan karena mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.

Namun, bagaimana jika anak kucing atau kucing tua yang memakannya? Jawabannya adalah anak kucing dan kucing tua tidak nyaman makan makanan kucing yang keras. Dan makanan kucing Bolt itu terlalu keras untuk anak kucing dan kucing tua. Hal ini karena anak kucing belum memiliki gigi yang kuat, sedangkan pada kasus kucing tua, si kucing tua sudah tidak memiliki gigi yang lengkap untuk makan. Itulah yang bikin mereka kesulitan.

4. Tidak Memiliki Nutrisi yang Cukup

Poin ini mungkin terdengar aneh. Di awal kami bilang bahwa Bolt sudah sesuai standar AAFCO, tapi kenapa nutrisi pada makanan kucing ini belum cukup?

Begini, menurut AAFCO, makanan kucing yang bagus memiliki setidaknya 25% protein. Dan Bolt memiliki 28% protein di dalam dry foodnya. Namun, setelah kami telusuri lebih lanjut, sumber protein dari makanan kucing Bolt tidak murni dari sumber protein hewani.

Perhatikan komposisi makanan kucing Bolt di bawah ini:

  • Tepung daging unggas.
  • Tepung gandum.
  • Tepung tuna.
  • Tepung jagung.
  • Bubuk protein kedelai isolate.
  • Lemak unggas.
  • Hati ayam digest.
  • Fortifikasi vitamin dan mineral.
  • Fortifikasi taurine dan antioksidan.

Perhatikan kata yang kami cetak tebal. Ada sumber protein nabati dari kedelai dan filler dari tepung jagung dan tepung gandum.

Secara standar kesehatan hewan ini cukup. Tapi, secara nutrisi menurut kami belum mencukupi kebutuhan kucing. Kamu perlu menambahkan makanan basah atau raw food untuk menutup kekurangan nutrisi.

Ya, tapi kamu juga nggak boleh protes sih. Namanya juga makanan kucing murah. Nggak mungkin juga pakai bahan grain free. Jadi, harap maklum ya. Hehe.

5. Tidak Baik untuk Kucing yang Punya Pencernaan Sensitif

Banyak pemilik kucing yang berkomentar baik saat kucing mereka makan makanan Bolt. Pup kucing pulen dan kucing sehat.

Tapi, benarkah seperti itu? Wrong! Ada beberapa pemilik kucing yang mengeluh kucing kesayangannya mencret dan pup kucing jelek akibat makanan kucing Bolt.

Lalu, yang benar yang mana?

Semuanya benar. Akar masalahnya hanya pada si kucing. Jadi, ada kucing yang punya sistem pencernaan yang sensitif dan ada yang tidak.

Bagi kucing yang punya sistem pencernaan sensitif, saat makan dry food Bolt dia akan mengalami masalah pencernaan. Hal ini karena filler yang ada di dalam makanan kucing Bolt.

Pada ulasan sebelumnya, kami sudah memberitahukan bahwa makanan kucing Bolt belum grain free. Artinya, makanan kucing Bolt mengandung filler yang terbuat dari bahan biji-bijian nabati. Pencernaan kucing yang sensitif akan biji-bijian pasti akan bermasalah dengan Bolt.

Biasanya pup kucing jadi encer dan kucing mulai sakit perut. Ya, namanya perut sensitif, jadi begitu. Maka dari itu, filler dari bahan nabati ini jadi salah satu kekurangan makanan kucing Bolt. Namun, sekali lagi, kalau harganya murah, jangan berharap dapat kualitas grain free. Jadi, harap dimaklumi. Hehe.

Demikian pembahasan dari 5 kelebihan dan kekurangan makanan kucing Bolt. Jika ada informasi yang kurang lengkap, tolong ingatkan kami melalui kolom komentar di bawah.

Leave a Comment