7 Tempat Wisata Terbaik di Blitar yang Lagi Hits (2022)

Buat yang mau jalan-jalan ke Blitar, bakal lebih asyik kalau kamu tahu destinasi tujuan kamu. Jadi, saat sudah sampai di sana, kamu tinggal meluncur ke destinasi saja. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktumu buat mencari-cari tempat wisata. Apalagi, ada tempat-tempat wisata keren di Blitar yang tidak boleh kamu lewatkan. Di mana saja? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Blitar:

1. Wisata Edukasi Kampung Coklat

Wisata Edukasi Kampung Coklat, Blitar (kredit foto: instagram.com/lailyidatur/)
LokasiJl. Banteng – Blorok No. 18, Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Kademangan, Plosorejo, Kec. Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-16.30
Sabtu-Minggu, 08.00-19.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 25.817 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar19 menit (10,2 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Banteng Blorok
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana permainan anak, budidaya tanaman cokelat, spot foto

Kampung Coklat merupakan wisata edukasi yang hits. Selain itu, tiket masuknya terjangkau, Rp10.000 per orang untuk semua umur. Tempat parkirnya juga luas, tidak perlu khawatir kehabisan tempat. Begitu kamu masuk ke dalam, kamu akan disambut bangunan yang artistik.

Lantainya bermotif kotak-kotak hitam putih. Kemudian, tempat ini terbagi menjadi dua area, di dalam dan luar ruangan. Setiap pilar dan dindingnya artistik dengan desain didominasi kayu berwarna cokelat. Di dalam pun ada area terbuka dengan pohon-pohon kecil, sehingga suasana hijau dan rindang.

Di kampung wisata ini, kamu bisa melihat budidaya tanaman cokelat sekaligus proses produksinya. Kamu juga bisa membeli beragam olahan cokelat aneka rasa. Ada juga berbagai jenis cokelat dari Jawa. Salah satu tempat favorit pengunjung bernama Chocolate Gallery.

Galeri tersebut lebih seperti minimarket yang menjual produk cokelat. Selain makanan, minuman dan camilan, di sini juga menyediakan suvenirdan oleh-oleh khas Blitar dan Kampung Coklat. Ada juga karya seni kerajinan tangan seperti tas dan aksesori.

Aktivitas seru lainnya adalah terapi ikan, menikmati live music, melihat tanaman hias, berfoto di spot instagrammable. Untuk fasilitas juga lengkap, ada toilet, musala, kafe, food court, banyak tempat duduk. Tempat wisata ini cocok untuk keluarga dan anak-anak, teman, pasangan, rombongan.

2. Candi Penataran

Candi Penataran, Blitar (kredit foto: instagram.com/didikrudi/)
LokasiPenataran, Kec. Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 5.971 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar24 menit (13,3 km) lewat Jl. Raya Penataran
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, kolam sumber air

Candi Penataran menyediakan tempat parkir cukup luas. Di pintu masuk, kamu akan disambut dua arca. Area candi bisa dikatakan luas tapi tidak seluas candi-candi besar. Meski demikian, kompleks Candi Penataran adalah yang terbesar di Jawa Timur.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan kelelahan berjalan kaki keliling kawasan candi. Sudah ada jalan setapak yang berbatu, untuk jalur berjalan kaki. Sementara, area di sekeliling bangunan candi ditumbuhi rumput hijau serta ada banyak pohon.

Candi Penataran ini dibangun pada masa Kerajaan Kediri, saat pemerintahan Raja Srengga di tahun 1190-1200. Jadi, sekitar pada abad ke-12. Dahulu, Candi Penataran bernama Candi Palah. Candi ini awalnya dijadikan tempat upacara pemujaan untuk menghindari bahaya Gunung Kelud.

Di Candi Penataran pada bagian belakang sendiri, terdapat tempat pemandian sekaligus sumber air. Bentuknya menyerupai kolam kecil segi empat. Sekarang pun airnya sangat jernih, kebiruan, dan ada ikan-ikan di dalamnya.

Secara keseluruhan, ada dua bangunan candi besar dan satu candi kecil. Selain itu, Candi Penataran juga berada tidak terlalu jauh dari Makam Bung Karno, jaraknya sekitar 12 km. Maka dari itu, wisatawan sering berkunjung sekalian ke Makam Bung Karno.

Sementara, di Candi Penataran, selain tempatnya sudah tertata rapi, fasilitas juga tersedia. Ada tempat cuci tangan, toilet, lahan parkir, dan banyak warung. Wisata bersejarah ini cocok untuk keluarga, anak-anak, pasangan, serta dikunjungi bersama teman hingga rombongan instansi.

3. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong, Blitar (kredit foto: instagram.com/mbolangjatim/)
LokasiPkb. Sirahkencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Kamis, 06.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 3.972 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar1 jam 11 menit (39,6 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, pemandangan terasering hijau, air terjun, candi dan Degitar, campground Wukir Negoro

Perkebunan Teh Sirah Kencong merupakan wisata alam yang menyenangkan. Berada di ketinggian 1.179 m, kebun teh ini sangat luas. Selain itu, ada berbagai spot yang menarik untuk dikunjungi.

Di berbagai spot ada tempat duduk untuk beristirahat. Ada juga kedai dan toilet di dekat tempat parkir. Disediakan juga tempat untuk cuci tangan. Jadi, fasilitasnya lengkap. Di samping itu, wisata agro Sirah Kencong ini menyediakan spot berupa air terjun, candi dan Degitar, serta Wukir Negoro.

Di sini juga merupakan perkampungan warga. Jadi, ada bangunan sekolah dasar, tempat tinggal karyawan kebun teh, gereja, masjid. Sementara, untuk pemandangannya menyegarkan mata. Sejauh mata memandang, di sekeliling kamu terdapat tanaman teh dan pepohonan yang hijau rimbun.

Udara pun bersih dengan cuaca sejuk. Saat berjalan keliling tempat wisata, kamu mungkin menjumpai anak-anak bersepeda sambil bermain. Kamu juga melintasi rumah-rumah warga.

Pengunjung paling suka mampir ke candi dan Degitar, lokasinya berada di atas di ketinggian. Lokasi candi berada di spot sebelum Degitar. Sementara, Degitar adalah spot yang terbuat dari kayu, berupa tempat bersantai dan bisa untuk duduk-duduk. Desainnya menyerupai gitar jika dilihat dari atas.

Selain itu, spot menarik lainnya adalah air terjun dan Wukir Negoro yang merupakan tempat camping. Wisata ke sini cocok untuk keluarga, anak-anak, pasangan, hingga teman-teman pencinta alam.

4. Blitar Park

Blitar Park (kredit foto: instagram.com/dienhida/)
LokasiSawahan, Pojok, Kec. Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-21.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 2.928 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar10 menit (4,7 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana permainan, spot foto unik

Blitar Park merupakan taman hiburan yang diresmikan pada 20 Mei 2019. Jadi, terbilang cukup baru. Untuk tiket masuk Rp15.000 per orang. Sementara, tiket terusan untuk semua wahana yaitu Rp35.000 per orang. Tiket terusan ini lebih hemat, karena gratis semua wahana, serta free makanan dan minuman.

Nah, wahana menjadi salah satu favorit pengunjung. Terutama, wahana seperti Dragon Coaster, Bom-Bom Car, kapal bajak laut, Jumpfrog, Aquatech, sepeda air, dan masih banyak lagi.

Tempat rekreasi ini biasa dikunjungi keluarga dan anak-anak. Juga ada rombongan anak sekolah seperti TK dan SD. Blitar Park cocok untuk segala usia, ditambah lagi dengan fasilitasnya yang lengkap. Ada toilet, musala, lahan parkir, food court, kafe.

Oh iya, aktivitas kesukaan lainnya di sini adalah berenang di kolam renang. Selain itu, ada sepeda udara yang juga menjadi favorit, kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Di bawahnya, terdapat taman bunga dan patung-patung serangga yang menarik serta edukatif.

Kegiatan seru lainnya adalah bermain air sambil menangkap ikan di kolam. Kemudian, sepeda air juga merupakan aktivitas seru kesukaan pengunjung. Ada Zona Game juga untuk kamu yang suka main game, seru banget pokoknya. Lalu ada juga area khusus balita untuk si kecil.

Blitar Park komplet menyediakan semua hiburan. Tempat rekreasi ini sangat ideal untuk liburan keluarga. Juga liburan dengan pasangan, teman-teman, dan rombongan sekolah, instansi, hingga komunitas.

5. Hutan Pinus Loji – Lereng Kelud

Hutan Pinus Loji – Lereng Kelud, Blitar (kredit foto: instagram.com/isna.mufidah_/)
LokasiRT.04/RW.02, Celeng, Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 880 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar1 jam (35,3 km) lewat Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan hutan pinus, campground luas, spot selfie dan foto

Hutan Pinus Loji merupakan salah satu tempat camping di Blitar favorit para campers. Tidak heran karena panorama di sini begitu menawan. Jadi, sudah disediakan campground dengan fasilitas yang lengkap di Hutan Pinus Loji.

Di pintu masuk campground, ada  gapura mini terbuat dari batang pohon. Di atas gapura tersebut ada tulisan Welcome Camp Area Pinus Loji. Di campground yang sangat luas tersebut, kamu bisa memilih spot camping sendiri.

Di sini juga disediakan fasilitas toilet, warung, tempat duduk, gardu pandang, spot foto instagrammable. Di samping itu, kendaraan bisa masuk sampai tempat camping. Oh iya, selain tiket masuk Rp5.000, ada biaya Rp15.000 per orang untuk camping.

Tempat camping-nya sendiri berupa lahan tanah di antara pepohonan pinus. Ada rumput hijau yang tumbuh di sebagian tempat. Kamu juga dapat melihat bukit terasering mini, berupa tanah berumput hijau yang berundak. Terasering tersebut juga ditumbuhi pohon-pohon pinus.

Karena tempatnya seseru itu, tidak semua pengunjung pasti camping. Ada yang sekadar mampir untuk hangout. Duduk-duduk di tengah hutan pinus sembari menikmati kopi hangat dan mengobrol dengan orang-orang terdekat. Nikmat, bukan.

Kalau mau camping, lebih nyaman saat musim kemarau biar tidak kehujanan. Kamu pun bisa menikmati pemandangan hutan pinus dengan lega. Udara juga sejuk, bikin hati jadi adem. Hutan pinus ini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, juga komunitas dan rombongan sekolah maupun kantor.

6. Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar (kredit foto: instagram.com/viviwidyast/)
LokasiKrajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 2.880 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar1 jam 7 menit (35,0 km) lewat Jl. Raya Trisula
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, pemandangan sunset, pemandangan pepohonan cemara, ritual melarungkan sesaji

Pantai Pasetran Gondo Mayit memiliki pasir putih. Ombaknya cukup tenang dan air lautnya biru jernih. Selain itu, ada juga bukit karang di pantai ini. Kemudian, di pinggir pantainya terdapat pepohonan cemara yang menambah keindahannya.

Pengunjung biasanya suka duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati minuman air kelapa muda. Selain itu, di pantai ini sudah disediakan fasilitas umum. Ada toilet, musala, banyak warung, juga tersedia tempat duduk dan gazebo. Di samping itu, ada spot ayunan untuk berfoto.

Pantai ini juga bersih dan terawat sehingga membuat suasana terasa nyaman. Omong-omong, garis pantai ini sangat panjang. Pantainya pun terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh bukit kecil.

Pantai di Blitar ini juga biasa dijadikan tempat untuk camping. Jadi, kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai ini. Baik kamu camping atau sekadar mampir, sempatkan melihat sunset yang cantik. Kamu juga dapat membeli ikan segar di kios-kios pinggir pantai.

Oh iya, kalau kamu mampir saat bulan Suro, kamu mungkin dapat melihat ritual melarungkan sesaji. Sesaji yang dilarungkan berupa hewan kerbau dan makanan mentah. Tujuannya untuk menghormati penunggu pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Sebagai pengunjung, kamu cukup menghormatinya, ya.

Selebihnya, Pantai Pasetran Gondo Mayit merupakan tempat wisata alam yang begitu indah. Cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan, ada suasana romantis di tepi pantai ini.

7. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno, Blitar (kredit foto: instagram.com/blitarasyik/)
LokasiJl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.777 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Blitar8 menit (2,9 km) lewat Jl. Ir. Soekarno
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataRelief perjuangan Bung Karno di dinding kompleks makam, galeri museum benda peninggalan sejarah pada masa Bung Karno

Makam Bung Karno merupakan kompleks peristirahatan terakhir Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Begitu masuk gapura depan, ada banyak penjual makanan, minuman, jajan, dan mainan anak. Kamu pun perlu mengisi buku tamu di pos penjaga dan membeli tiket masuk Rp3.000 per orang.

Kalau sudah, kamu akan memasuki kompleks makam di dalam. Makam ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto, pada tanggal 21 Juni 1979. Terdapat plakat bertuliskan informasi tersebut di gapura untuk masuk ke makam. Kalau sudah di dalam, dilarang makan, minum, dan merokok, ya.

Kamu pun akan masuk ke pelataran kompleks makam seluas lebih dari 1,8 hektare ini. Tersedia tempat duduk di berbagai sudut untuk pengunjung yang ingin beristirahat. Sementara, makam Bung Karno berada di sebuah pendopo besar yang berdiri di tengah pelataran.

Para pengunjung biasanya duduk mengelilingi makam, kemudian memanjatkan doa bersama untuk almarhum. Selain itu, aktivitas lainnya yang biasa dilakukan adalah berfoto di dekat makam. Kalau sudah selesai, kamu boleh beranjak dari pendopo makam atau duduk-duduk di sana.

Untuk fasilitas selain penjual makanan dan minuman, ada toilet, masjid, dan lahan parkir. Selain itu, ada pohon-pohon yang rindang di sekitar kompleks makam. Wisata sejarah dan edukasi ini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, dan siapa saja.

Demikian tempat wisata terbaik di Blitar yang lagi hits. Seru banget, kan. Ada wisata alam, edukasi, sampai tempat bersejarah. Kamu juga boleh mampir ke semua destinasi tersebut, biar perjalananmu semakin berkesan. Apalagi, jika ada waktu lebih lama untuk berlibur di sana. Selamat liburan, ya!

Leave a Comment