7 Wisata Alam Terbaik di Garut yang Lagi Hits (2022)

Apa jenis wisata yang akan kamu temukan di Garut? Banyak! Namun, salah satu yang paling populer adalah wisata alam di dataran tingginya.

Dikelilingi oleh beberapa gunung dan juga pantai, Garut memiliki bentang alam yang menakjubkan. Buat kamu yang ingin self-healing, kota dodol ini akan memberikan jawaban yang kamu butuhkan. Siap-siap healing! Berikut 7 rekomendasi destinasi wisata alam terbaik di Garut:

1. Darajat Pass

Darajat Pass, Garut (foto: instagram.com/darajatpassgarut/)
LokasiJl. Puncak Darajat No.Km. 14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Anak-anak: Rp25.000,00 Dewasa: Rp35.000,00
Rating ulasan4,4/5,0 dari 17,299 Google reviews
Rute menuju tempat wisata dari Garut2 jam 53 menit (73.5 km)
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWaterpark, gazebo, sentra kerajinan, saung, studio foto, bungalow

Berenang di dataran rendah, sudah biasa. Bagaimana jika di dataran tinggi? Rasakan sensasinya hanya di Darajat Pass.

Darajat Pass menyajikan konsep pemandian air hangat dengan view perbukitan yang hijau. Uniknya, kolam-kolam yang disajikan cukup tematik. Terdapat kolam untuk anak-anak dengan wahana seru. Dan, ada pula kolam untuk orang dewasa yang lebih tenang dengan sajian pemandangan cantik.

Tidak hanya, berenang kamu juga bisa melakukan hal-hal menyenangkan lainnya saat berlibur di Darajat Pass. Misalnya, fasilitas outbound seperti flying fox, paintball, trampolin atau ATV.

Jika kamu ingin bersantai, kamu juga bisa duduk-duduk di gazebo dan menikmati pemandangan yang indah. Terdapat pula restoran yang menyajikan pemandangan bukit yang cantik. Kamu bisa meneguk segelas kopi atau teh sambil memanjakan mata.

Hal unik lain yang ada di Darajat Pass adalah keberadaan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Indonesia memiliki potensi panas bumi yang besar. Jadi, hal ini cukup menarik untuk ditelusuri.

Darajat Pass juga ideal untuk tempat berkumpul bagi keluarga besar atau outing kantor. Di sana, tersedia ruang, aula sentra kerajinan dan juga studio foto untuk mengabadikan kenangan bersama. Liburan bersama pun terasa lebih menarik dan menyenangkan .

Ada begitu banyak hal menarik yang akan kamu bawa pulang setelah berlibur dari Darajat Pass. Jika kamu berkesempatan ke Garut, jangan pernah lewatkan tempat ini, ya.

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo, Garut (foto: instagram.com/misterwanderlustx/)
LokasiKecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000,00
Rating ulasan4,2/5,0 dari 10.452 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut1 jam 15 menit (39.8 km) via Jl. Raya Cisompet
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWarung makanan, area berkemah, spot selfie, wahana permainan air

Sedikit sulit untuk menemukan pantai yang ideal bagi semua orang. Beberapa pantai menyimpan keindahan alam yang asri, tetapi sulit untuk dijangkau dan minim fasilitas.

Namun, lain halnya dengan Pantai Santolo Garut. Terkenal sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Barat, Pantai Santolo memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan pertama adalah pada kemudahan akses. Untuk menjangkau pantai ini, kamu hanya perlu berjalan ke ujung selatan hingga daerah Pameungpeuk. Tak berapa lama, sampailah kamu ke Pantai Santolo. Kamu bahkan bisa menjangkau pantai ini dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bagaimana dengan fasilitasnya? Sebagai pantai yang memiliki harga tiket masuk terjangkau, fasilitasnya cukup menyenangkan. Di area pantai, kamu bisa menemukan berbagai warung makanan dan juga wahana permainan air. Salah satu permainan favorit para pengunjung adalah banana boat.  Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai lebih lama, kamu bisa berkemah. Pengelola menyediakan area berkemah yang tak jauh dari arena bibir pantai.

Lantaran ombaknya tidak terlalu mengerikan, maka berkemah di sana cukup aman. Kamu juga bisa menyalakan api unggun sambil mendengarkan suara ombak.

Pantai Santolo disukai pengunjung karena memiliki pasir pantai yang putih dan laut yang tenang. Anak-anak pun bisa dengan aman bermain di bibir pantai tanpa takut tergulung ombak.

3. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa, Garut (foto: instagram.com/aganeswari/)
LokasiJalan Raya Kamojang KM. 5 Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, jam 9.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Sabtu : Rp17.500,00 Minggu: Rp22.500,00
Rating ulasan4,4/5 dari 3,252 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut2 jam 31 menit (67.8 km) via Jl. Raya Garut – Cikajang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataRestoran, taman bunga, gazebo, kafe, penginapan

Tak berlebihan jika menyebut Kebun Mawar Situhapa sebagai wisata alam yang sebenar-benarnya. Areanya luas dan kaya akan flora.

Di Situhapa terdapat beragam spesies mawar dengan bentuk dan warna variatif. Selain itu, terdapat pula jenis bunga lain seperti kaktus dan juga begonia.

Di Situhapa, bunga-bunga ini dimanfaatkan sebagai minyak esensial. Tentu kamu sudah sering mendengar mengenai manfaat minyak esensial, bukan?

Ramuan yang satu ini terbukti ampuh dalam memberikan ketenangan dan juga menjaga kebugaran tubuh. Di Kebun Mawar Situhapa, kamu bisa melihat bagaimana minyak esensial disuling. Kemudian, minyak asli dari bunga dikemas menjadi produk kesehatan yang bermanfaat.

Selain melihat keindahan bunga dan juga penyulingan minyak esensial, kamu juga bisa menikmati sajian makanan di tengah kebun bunga-bunga ini. Sensasinya tentu seperti surga yang selama ini kita bayangkan, bukan? Terlebih, restoran ini mengusung interior yang didominasi warna kayu. Sehingga, kesan hangat pun terasa saat kita duduk di dalamnya.

Ingin bersantai dalam waktu lama? Kamu juga bisa menyewa penginapan. Ada beberapa pilihan cottage yang ditawarkan. Jika hanya datang sendiri atau berdua, tipe studio dengan satu tempat tidur dan juga kamar mandi bisa kamu booking.

Sementara itu, jika kamu bepergian bersama keluarga besar, kamu bisa menyewa vila dua lantai. Di dalamnya terdapat ruang makan, ruang keluarga, dan juga kamar-kamar tidur.

Setiap jenis cottage dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang menarik seperti makan pagi teh dan juga kopi.

Untuk kamu yang merasa lelah dan butuh ketenangan, tentu Kebun Mawar Situhapa bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Puncak GUHA Bungbulang

Puncak GUHA Bungbulang, Garut (Kredit foto: Momo Denah)
LokasiSinarjaya, Bungbulang, Garut, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500,00 (tiket masuk) Rp5.000,00 (tiket berkemah)
Rating ulasan4,5/5 dari 1,952 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut1 jam 49 menit (67.3 km) via Jl. Raya Cisompet
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan bukit dan laut, warung, sleeping bag

Mengembalikan kesegaran pikiran tidak harus dengan cara yang mahal. Jika bujet terbatas, Puncak GUHA Bungbulang bisa menjadi opsi.

Berlokasi di desa Sinar Jaya, di sepanjang perjalanan menuju ke sana, sejauh mata memandang hanyalah hamparan sawah dan desa. Kesederhanaan ini memberikan harmoni di dalam jiwa. Membuat kamu merasa bersyukur terhadap apa yang telah diberikan tuhan kepada manusia.

Pemandangan yang elok ini disempurnakan dengan udara yang sejuk, bebas polusi, dan juga langit biru cerah. Maka, tak mengherankan apabila Puncak GUHA menjadi tempat camping di Garut yang paling disukai wisatawan.

Ada satu kejutan lagi yang akan kamu dapatkan setelah sampai ke Puncak GUHA. Di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan laut sejauh 360°. Hal ini tentu jarang ditemui di dataran tinggi lain, bukan?

Garut memang kota yang unik. Kendati berada di dataran tinggi, tetapi Garut memiliki pantai-pantai yang cantik dan bisa dinikmati di bagian puncak.

Bicara soal fasilitas, Puncak GUHA memang tidak menyediakan fasilitas yang lengkap. Bahkan, toilet dan musala pun tidak ada. Untuk mandi, cuci, kakus, dan beribadah, kamu harus menumpang ke rumah penduduk setempat. Namun, tidak ada salahnya berkemah di Puncak GUHA. Kendati minim fasilitas, Puncak GUHA menjadi tempat camping di Garut yang disukai banyak campers. Keindahan alamlah yang menarik mereka ke sana. Jika hanya ingin bersantai, kamu juga bisa memasang sleeping bag di antara pohon.

Saat menikmati waktu di Puncak GUHA, sayup-sayup terdengar suara angin yang berpadu dengan debur ombak nun jauh di sana. Suara alam ini memberikan rasa tenang dan meninabobokan dalam tidur yang lelap.

5. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark, Garut (foto: instagram.com/anddini.riani09/)
LokasiJl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, jam 05.30-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp17.000,00
Rating ulasan4,3/5 dari 1,869 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut2 jam 58 menit (74.2 km) via Jl. Raya Garut – Cikajang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataLokasi berkemah, spot foto, wahana permainan, restoran di tengah hutan

Selalu ada banyak pilihan tempat berkemah yang menarik di kota Intan. Salah satu yang memiliki fasilitas lengkap dan juga menyajikan pemandangan indah adalah Kamojang Ecopark Garut.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Kamojang ecopark seolah menyatu dengan alam. Contohnya seperti panggung foto yang serupa sarang burung atau gardu pandang yang terbuat dari kayu.

Di gardu pandang ini, kamu bisa melihat jajaran pegunungan yang diselimuti oleh awan-awan lembut. Pada siang menjelang sore hari, pemandangan ini begitu cerah dan nyata.

Masih ada beberapa wahana menarik lain yang membuatmu tidak merasa bosan saat berada di Kamojang Ecopark. Misalnya seperti ayunan di lembah brokoli dengan ketinggian yang cukup memicu adrenalin. Kamu juga dapat menikmati waktu di wahana sepeda udara yang seru dan unik.

Kamojang Ecopark juga menyediakan restoran dengan konsep di tengah hutan. Sambil menikmati sajian makanan, kamu bisa mendengar sayup-sayup suara angin dan juga burung-burung. Karena konsepnya kembali ke alam, maka restoran ini didominasi oleh material yang terbuat dari kayu dan bambu. Saat berada di sana, seolah-olah kamu merasa seperti sedang hidup di dalam hutan yang asri dan cantik.

Apabila kamu memiliki waktu lebih lama untuk menikmati mahakarya dari Tuhan ini, kamu bisa berkemah di antara pinus. Pengelola menyediakan area camping ground yang cukup luas serta bisa memuat banyak tenda.

Jika kamu tidak memiliki tenda sendiri, kamu bisa menyewanya kepada pengelola dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk kamu yang belum berpengalaman dalam berkemah, tidak usah khawatir. Area kemah di Kamojang ini sangat aman dengan fasilitas keamanan 24 jam.

Selain itu, terdapat fasilitas penunjang seperti misalnya toilet dan juga listrik. Mengingat tempat wisata ini cukup mudah dijangkau dan memiliki area yang luas, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga besar pergi ke sana. Namun, pada akhir minggu, area camping ground memang cukup ramai. Jadi, jika kamu memang ingin berkemah di sana pada akhir minggu, jangan lupa untuk booking dan menghubungi pengelola jauh-jauh hari.

6. Karacak Valley

Karacak Valley, Garut (foto: instagram.com/nanatttsyp/)
LokasiJalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 (anak-anak) Rp10.000,00 (orang dewasa) Rp15.000,00 (biaya berkemah)
Rating ulasan4,5/5,0 – 1.092 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut3 jam 7 menit (78.0 km) via Jl. Raya Garut – Cikajang
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataHutan pinus, area berkemah, warung wisata, spot foto

Hal yang paling menyenangkan saat berlibur di dataran tinggi adalah privilese untuk melihat lembayung merah sempurna kala senja. Nah, kesempurnaan ini bisa kamu dapatkan saat berlibur di Karacak Valley.

Dataran tinggi ini memberikan layung beureum Pasundan yang begitu cantik, dilengkapi dengan seduhan pemandangan alam hijau di sekitarnya. Namun, tahukah kamu apa sebetulnya konsep wisata yang diusung oleh Karacak Valley?

Karacak Valley merupakan wilayah perbukitan yang ada di Gunung Karacak. Perbukitan ini menyimpan banyak potensi alam yang menarik. Misalnya, seperti jalur trekking hutan pinus dan juga air terjun. Kombinasi dari semua kekayaan alam ini menciptakan kesan yang begitu damai dan juga segar.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Karacak Valley. Sejauh ini, para pengunjung biasanya bersepeda atau jogging di perbukitan. Jika mereka punya banyak waktu, mereka juga akan memasang hammock di antara hutan pinus dan menikmati segarnya alam Karacak sambil bersantai.

Kamu juga bisa berkemah di area camping yang disediakan oleh pengelola. Area berkemah ini bahkan bisa menampung 1000 tenda, lho.

Untuk kamu yang merupakan pemula dalam berkemah, tidak perlu khawatir. Apabila ingin pergi ke sana, ada beberapa fasilitas penunjang yang akan membuat wisatamu menjadi lebih nyaman. Contohnya seperti musala, kantin, dan juga saung-saung.

Karacak Valley juga sangat mudah dijangkau dari Garut. Bahkan, ia berada dekat dengan alun-alun Garut yang notabene berada di pusat kota.

 7. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje, Garut (foto: instagram.com/faizaldeny/)
LokasiKp. Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Rating ulasan4.5/5 dari 734 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Garut2 jam 22 menit (65.3 km) via Jl. Garut – Pameungpeuk
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman, air terjun, gazebo

Kesegaran meliputi curug atau air terjun yang kerap dijuluki tangga bagi para dewa. Ya, istilah itu memang tak berlebihan jika melihat keindahan air terjun ini. Begitu sampai, kamu akan dibawa pada jalan setapak menuju ke air terjun. Di samping kananmu, terhampar pemandangan pondok-pondokan kecil, pepohonan, dan area berkemah yang hijau.

Area aliran air terjun Taraje begitu luas, memberikan kesan kolam yang berkabut. Maka, berenang di dekat air terjun ini tidak hanya membuatmu merasa bersih, tetapi juga bahagia. Bahkan, tanpa berenang pun kamu tetap bisa merasakan percikan air yang segar.

Area berkemah Taraje bersih dan nyaman. Letaknya strategis, tepat berhadapan dengan air terjun. Di sekeliling, dibangun gazebo-gazebo. Jadi, campers bisa duduk-duduk sembari meneguk kopi atau teh.

Di area air terjun, terdapat beberapa fasilitas dasar seperti:

  • Warung makan sederhana
  • Toilet
  • Musala

Untuk menuju ke Taraje, memang lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Karena, tak ada angkutan umum menuju ke sana.

Atas berbagai keindahan alamnya, tak mengherankan apabila Garut dijuluki sebagai kota Intan. Tak butuh banyak ornamen berlebihan untuk menunjukkan betapa cantiknya bentang alam di Garut. Kamu akan menemukan harmoni antara raga dan pikiran saat berkunjung ke sana. Udara sejuk pun akan membantumu untuk memulihkan diri dari rasa penat.

Leave a Comment